Thursday, February 19, 2009

Kikugawa (Japanese Restaurant)

Udah lama gak nge-blog... isiin tentang restoran dah... =_=
-----------------------------------------------------------

Tempat makan yang akan dibahas pertama kali ini adalah Kikugawa, sebuah restoran Jepang yang berlokasi di Jalan Cikini IV no 13, Jakarta Pusat.

Kalo gak salah Kikugawa ini merupakan restoran Jepang pertama di Indonesia, berdiri dari tahun berapa.. gitu..

Tempatnya gak gitu besar, nyari nya juga mungkin susah soalnya masuk ke jalan kecil gitu dah. Udah gitu buat nandainnya cuma ada papan nama restoran Kikugawa yang kecil..

Berbeda dari Japanese food macem Sushi Tei ato Sushi Groove, Kikugawa menyediakan menu makanan yang bener-bener makanan Jepang klasik, bukan fusion food gitulah.. =_=;

Lanjut ke dalemnya~

Di dalem restoran selalu diputer musik Jepang jaman dulu (Samisen kalo gak salah), suasananya tenang seperti berada di jaman dulu dah, kapasitas nya mungkin cuma sekitar 50 orang, ada yg di tatami juga.

Ruangan nya~

Untuk menu nya bisa pilih yang set, ato a la carte~ ada macem2 koq..
Harganya sesuai lah dengan rasanya (^_^) Menu paling mahal itu Ume Set, Rp87.000,-
isinya kalo gak salah ada Tempura, Sukiyaki, Sushi (ada banyak), miso, nasi, sama yakitori nya..
gak rugi dah~

Rasa masakannya khas dan gak pernah berubah dari dulu (itu kata ortu saya yang dulu pernah makan disitu juga). Rasa Jepang klasik, Beef Teriyaki nya itu patut docoba dah! Rasa manis dari saus beef teriyaki berpadu dengan dagingnya yang empuk membuat lidah bergoyang dan ingin makan lagi! (nyeritainnya udah kayak di komik masakan gini nih.. =_= )

pas ke restoran ini bersama bapak saya, saya memesan Tempura Udon sedangkan bapak saya memesan set menu apa gitu... lupa gw..


Tempura Udon


Tempura Udon, yah... memang menu biasa.. tampilannya juga biasa sih.. gak di atur2 segala macem.. Tapi rasanya tak bisa diremehkan, udon yang lembut dengan besar yang pas ditambah kuahnya yang manis gurih membuat selera makan bertambah, apalagi tempura nya juga yang besar, gurih, dan renyah! tidak lupa dengan sayuran-sayurannya (yang pake tepung juga tuh) yang Hmmm!!!!!






Menu set yang gw lupa namanya (sori gelap)

Atu lagi menu-set-yang-namanya-saya-lupa ini juga bisa bikin ketagihan! diliat dari fotonya sih..
ada Yakitori, Salmon Sashimi, Tempura, Miso soup, Nasi, dan Sukiyaki..
Yakitori, daging ayamnya empuk dibalur dengan saus manis (ada madu nya kali yah?) yang dapat dinetralisir dengan daun bawangnya~ keseimbangan rasa! Sukiyaki nya mantep! rasa manis dari sayuran yang kasar tetapi pas di lidah bercampur dengan daging sapi dengan tekstur yang kasar dan gurih juga ada tofu yang lembut dan kuah nya yang menyatukan semua rasa dari itu membuat rasa sukiyaki itu tak dapat dilukiskan dengan kata-kata!

(Ngomongnya udah bener kayak di komik-komik masakan dah.. yang penting asik lah)


Cukup segini aja dah, damai selalu yach~

No comments: